14 Feb 2010

Mengoptimalkan situs Anda


1. Penetapan Target Geo

Jika situs Anda ditujukan bagi para pengguna di lokasi geografis tertentu, Anda dapat menggunakan perangkat target geografis kami untuk memberi kami informasi yang akan membantu menentukan bagaimana situs Anda ditampilkan di hasil penelusuran khusus negara, dan sekaligus meningkatkan hasil penelusuran kami untuk kueri geografis. Data ini melengkapi informasi yang telah ada, dan menentukan target geografis tidak akan mempengaruhi kemunculan Anda dalam hasil penelusuran kecuali salah satu pengguna menggunakan Penelusuran Lanjutan untuk membatasi wilayah penelusuran hanya di negara tertentu.
Anda hanya dapat menggunakan fitur ini untuk situs-situs dengan domain tingkat tertinggi umum, seperti .com atau .org. Situs dengan domain tingkat tertinggi berkode negara (misalnya .ie) sudah terasosiasikan dengan suatu wilayah geografis, dalam hal ini Irlandia.
Jika tidak ada informasi yang dimasukkan ke Perangkat Webmaster, kami akan terus membuat asosiasi geografis terutama berdasarkan domain tingkat tertinggi (misal .co.uk atau .ca) dan alamat IP webserver yang digunakan untuk melayani konteks.
Untuk menetapkan target geografis:
  1. Pada Beranda Alat Webmaster, klik situs yang diinginkan.
  2. Di bawah Konfigurasi situs, klik Setelan.
  3. Pada bagian Target geografis, pilih opsi yang diinginkan.






2. Menyetel domain pilihan

Domain pilihan adalah domain yang ingin Anda gunakan untuk mengindeks laman situs Anda(terkadang ini disebut juga domain kanonik). Tautan dapat mengarahkan ke situs Anda dengan kedua versi www dan non-www dari URL (contohnya, http://www.example.com dan http://example.com). Domain pilihan adalah versi yang ingin Anda gunakan untuk situs Anda dalam hasil penelusuran.
Setelah memberitahu nama domain pilihan Anda, kami akan menggunakan informasi tersebut untuk merayapi situs Anda serta semua penyegaran indeks di masa depan. Misalnya, jika Anda menentukan domain pilihan Anda sebagai http://www.example.com dan kami menemukan tautan ke situs Anda dengan format http://example.com, maka kami mengikuti tautan tersebut sebagai http://www.example.com. Selain itu, kami akan mempertimbangkan pilihan Anda saat menunjukkan URL. Jika Anda tidak menentukan domain pilihan, kami mungkin memperlakukan versi domain www dan non-www sebagai referensi terpisah dan laman terpisah. 
Untuk menentukan domain pilihan:
  1. Pada Beranda Alat Webmaster, klik situs yang diinginkan.
  2. Di bawah Konfigurasi situs, klik Setelan.
  3. Pada bagian Domain pilihan, pilih opsi yang diinginkan.
Anda mungkin perlu memverifikasi ulang kepemilikan situs Anda. Karena menyetel domain pilihan mempengaruhi perayapan dan pengindeksan, kami perlu memastikan bahwa Anda memiliki kedua versi. Biasanya, kedua versi menunjukkan lokasi fisik yang sama, namun tidak selamanya demikian. Umumnya, begitu Anda memverifikasi satu versi domain, kami dapat dengan mudah memverifikasi yang lain dengan menemukan berkas HTML verifikasi atau meta tag. Akan tetapi, jika menghapus berkas atau meta tag tersebut, Anda perlu mengulang langkah-langkah verifikasi.
Perhatikan: Setelah Anda menetapkan domain, Anda dapat menggunakan pengalihan pengalihan 301 untuk mengalihkan lalu lintas dari domain bukan pilihan Anda, sehingga mesin telusur lain dan pengunjung mengetahui versi mana yang Anda pilih.

3. Mencegah konten agar tidak muncul pada hasil penelusuran

Jika Anda memiliki laman atau konten yang tidak ingin ditampilkan di hasil penelusuran Google, Anda memiliki sejumlah opsi.
  • Jika Anda ingin menjaga kerahasiaan konten pada server Anda, simpanlah dalam direktori yang dilindungi kata sandi.Googlebot dan spider lain tidak akan dapat mengakses konten tersebut. Ini merupakan cara yang paling mudah dan efektif untuk mencegah Googlebot dan spider lain agar tidak merayapi dan mengindeks konten situs Anda. Jika Anda menggunakan Server Web Apache, Anda dapat mengedit berkas .htaccess Anda untuk melindungi direktori Anda di server dengan kata sandi. Ada banyak perangkat pada web yang akan membantu Anda melakukan hal ini dengan mudah.
  • Gunakan robots.txt untuk mengontrol akses ke berkas dan direktori pada server Anda. Berkas robots.txt seperti tanda Dilarang Masuk elektronik. Berkas ini memberitahu Googlebot dan perayap lain untuk berkas dan direktori mana di server Anda yang tidak boleh dirayapi.




    Agar dapat menggunakan berkas robots.txt, Anda akan perlu mendapatkan akses ke root inang Anda (jika Anda tidak yakin, periksa dengan penginang web Anda). Jika Anda tidak memiliki akses ke root domain Anda, Anda dapat membatasi akses dengan menggunakan meta tag robot di laman pribadi.
    Perhatikan bahwa meskipun Anda menggunakan berkas robots.txt untuk mencekal para spider agar tidak merayapi konten situs Anda, situs lain masih bisa tertaut ke konten situs tersebut. Akibatnya, URL laman tersebut, dan informasi yang ditampilkan seperti teks jangkar dalam tautan ke situs tersebut, atau judul dari Proyek Direktori Terbuka, bisa tampak di hasil penelusuran Google. Selain itu, robot-robot yang cukup baik akan menanggapi petunjuk dalam berkas robots.txt, beberapa menafsirkannya secara berbeda. Namun, robots.txt tidak dapat dipaksakan, dan beberapa tukang spam dan pencari masalah lainnya tidak menghiraukannya. Untuk alasan ini, kami menganjurkan informasi rahasia yang dilindungi kata sandi (lihat di atas).
    Anda dapat menggunakan perangkat Menghasilkan robots.txt dalam Alat Webmaster untuk membuat berkas robots.txt, dan mengujinya dengan menggunakan perangkat Menguji robots.txt.
  • Gunakan tag meta noindex untuk mencegah konten agar tidak tampil di hasil penelusuran kami. Jika kami melihat adanya tag meta noindex pada sebuah laman, Google akan menghapus laman tersebut seluruhnya dari penelusuran kami, meskipun laman-laman lainnya tertaut padanya. Jika konten saat ini masuk dalam indeks, kami akan menghapusnya ketika merayapi laman tersebut pada kesempatan berikutnya. (Untuk melancarkan penghapusan, gunakan perangkat Hapus URL dalam Alat Webmaster Google.) Namun, mesin telusur lain dapat menafsirkan petunjuk ini secara berbeda. Akibatnya, tautan ke laman tersebut masih dapat muncul di hasil penelusuran mereka.




    Karena kami harus merayapi laman Anda agar dapat melihat tag noindex-nya, kecil kesempatannya bahwa Googlebot tidak akan melihat dan mematuhi tag meta noindex tersebut (contohnya, jika kami belum merayapi laman tersebut sejak Anda menambahkan tag).
    Agar seluruh robot tidak mengindeks laman pada situs Anda, cantumkan tag meta berikut ke bagian pada laman:

    4. Menentukan versi kanonik laman Anda

    Laman kanonik adalah versi pilihan rangkaian laman dengan konten yang sangat mirip.
    Situs biasanya memiliki beberapa laman yang menyertakan rangkaian produk yang sama. Contohnya, satu laman mungkin menampilkan produk yang disortir menurut abjad, sementara produk lain menampilkan produk sama yang dimasukkan menurut harga atau peringkat. Misalnya:
    http://www.example.com/product.php?item=swedish-fish&trackingid=1234567&sort=alpha&sessionid=5678asfasdfasfd
    http://www.example.com/product.php?item=swedish-fish&trackingid=1234567&sort=price&sessionid=5678asfasdfasfd
    Jika Google mengetahui bahwa laman ini memiliki konten yang sama, maka kami hanya akan mengindeks satu versi untuk hasil penelusuran kami. Algoritme kami memilih laman yang menurut kami paling baik menjawab kueri pengguna. Namun, sekarang pengguna dapat menentukan laman kanonik ke mesin telusur dengan menambahkan elemen  beserta atribut rel="canonical" ke  bagian versi kanonik laman itu. Dengan menambahkan tautan dan atribut ini, pemilik situs dapat mengenali rangkaian konten serupa dan menyarankannya ke Google: "Dari seluruh laman dengan konten serupa, laman inilah yang paling berguna. Utamakan pada hasil penelusuran."

    Bagaimana saya menentukan laman kanonik?

    Untuk menentukan tautan kanonik ke laman itu http://www.example.com/product.php?item=swedish-fish, buat  elemen sebagai berikut:
    Salin tautan ini ke bagian  dari seluruh versi non-kanonik laman itu, seperti http://www.example.com/product.php?item=swedish-fish&sort=price.
    Jika Anda menerbitkan konten pada kedua http://www.example.com/product.php?item=swedish-fish and https://www.example.com/product.php?item=swedish-fish, Anda dapat menentukan versi kanonik laman itu. Buat elemen :
    Tambahkan tautan ini ke  bagian https://www.example.comproduct.php?item=swedish-fish.

    Apakah konten pada rangkaian laman harus sama seperti konten pada versi kanonik?

    Ya. Atribut rel="canonical" harus digunakan hanya untuk menentukan versi pilihan dari banyaknya laman dengan konten serupa (meskipun sedikit perbedaan, seperti urutan jenis, tidak masalah).
    Misalnya, jika sebuah situs memiliki rangkaian laman untuk model sepatu dansa yang sama, masing-masing hanya dibedakan menurut warna sepatu yang digambar, akan masuk akal untuk menetapkan laman yang menyoroti warna paling populer seperti versi kanonik sehingga Google lebih mungkin untuk menampilkan laman itu pada hasil penelusuran.

    Dapatkah rel="canonical" digunakan untuk menyarankan url kanonik di domain yang betul-betul berbeda?

    Tidak. Untuk berpindah tempat ke domain yang betul-betul berbeda, pengalihan (301) permanen lebih tepat. Baru-baru ini Google akan mengambil saran kanonikalisasi ke akun lintas subdomain (atau dalam domain), tapi tidak lintas domain. Sehingga pemilik situs dapat menentukan laman kanonik di www.example.com dari rangkaian laman di example.com atau help.example.com, tapi bukan di example-widgets.com.
    Agar robot lain dapat mengindeks laman tersebut di situs Anda, dan hanya robot Google yang tidak mengindeks laman tersebut:

1 comment:

Anonim mengatakan...

lanjut gan

furniture